betawi punya gaye

Jumat, 30 Juli 2010

TARI LENONG DIDAFTARKAN JADI WARISAN BUDAYA TAK BENDA

Jakarta, 25/6/2010 (Kominfo-Newsroom) – Pemerintah Provinsi DKIJakarta berencana untuk mematenkan seni budaya asli Betawi agardiakui sebagai warisan budaya Indonesia, khususnya DKI Jakarta,untuk menjaga kelestariannya sekaligus dapat dikenal luas olehmasyarakat internasional.

Sebagai langkah awal, kini Pemprov DKI Jakarta telahmendaftarkan kesenian Lenong Betawi pada Kementerian Kebudayaan danPariwisata RI, sebagai salah sau warisan tak benda yang diakuisecara internasional.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, ArieBudhiman, mengatakan, pihaknya sudah sejak lama mengajukan usulantersebut. Ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan PemprovDKI Jakarta untuk melestarikan dan menjaga kebudayaan Betawi yanghampir punah seiring perkembangan zaman.


Langkah kami mengusulkan seni tari Lenong Betawi sebagai salahsatu warisan budaya tak benda Indonesia merupakan tindakankepedulian tinggi untuk menjaga seni budaya Betawi, sebelum diakuioleh bangsa lain, kata Arie Budhiman di Balaikota DKI Jakarta,Kamis (24/6).


Usulan tersebut akan diseleksi bersama dengan kebudayaan dankesenian yang berasal dari daerah lainnya. Setelah lulus seleksidari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, akan diajukan menjadisalah satu kebudayaan yang akan didaftarkan sebagai warisan budayatak benda pada United Nations Educational, Scientific and CulturalOrganization (UNESCO).


Ia mengatakan, proses pengakuan dunia internasional terhadapseni tari Lenong dipastikan akan cukup panjang, karena bukan hanyaDKI Jakarta yang mendaftarkan kebudayaannya sebagai warisan takbenda, melainkan banyak provinsi lain yang juga mendaftarkankebudayaannya kepada Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.


Jadi warga Jakarta harap bersabar, dan terus mendukung agar senitari Lenong bisa lulus seleksi baik dari Kementerian Kebudayaan danPariwisata maupun UNESCO, katanya.


Selain seni tari Lenong yang didaftarkan, menurut Arie,sebenarnya Pemprov DKI Jakarta juga mendaftarkan kebudayaan Betawilainnya sebagai warisan budaya tak benda yakni untuk Tari TopengBetawi.

Namun, karena tari topeng juga didaftarkan dari berbagai macamprovinsi, maka tari itu didaftarkan menjadi tari topeng nasionalgabungan dari budaya daerah lain. Dengan kata lain, didaftarkansebagai kebudayaan daerah asal Indonesia oleh KementerianKebudayaan dan Pariwisata RI ke UNESCO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar